
Anda mudah tergiur diskon? Penulis mencoba memberikan tips menanggulanginya.
Do you speak English? Read the translated article here!
Penulis memiliki cerita cukup menarik untuk dibagikan. Yah, setidaknya cerita ini cukup menarik hingga Penulis tidak sabar membagikannya kepada Anda. Beberapa hari yang lalu, tepatnya pada tanggal 29 September 2016, Penulis melihat suatu promo yang menarik. Sangat menarik. Bayangkan, untuk sebuah paket hosting yang Anda beli atau perpanjang pada bulan tersebut (September), Anda akan mendapatkan diskon seumur hidup sebesar 40%. Sangat menarik, bukan?

Sangat menarik, bukan?
Namun Penulis tidak percaya begitu saja, karena Penulis percaya bahwa promosi yang menguntungkan pelanggan dapat dihitung dengan jari, atau setidaknya memiliki seabrek syarat dan ketentuan yang ditulis sangat kecil. Pada waktu itu, promo hosting tersebut sangat singkat dan jelas, tidak ada syarat apapun yang harus dipenuhi kecuali bahwa promo tersebut hanya berlaku untuk bulan September dan hanya berlaku untuk proses perpanjangan atau pembelian hosting baru.
Karena penasaran, Penulis akhirnya bertanya dengan customer support hosting tersebut melalui live chat. Awalnya, customer support berkata bahwa diskon hanya berlaku 1 (satu) kali saja. Penulis segera berkutat tentang maksud kata-kata “seumur hidup” dalam promosi yang dimaksud. Baru setelah 30 menit, akhirnya pihak customer service mengakui kalau memang maksud Penulis benar, bahwa promosi terus berlangsung ketika memperpanjang paket yang terkena promosi ini. Penulis curiga kalau agen tersebut bertanya kepada supervisor-nya tentang mekanisme promosi singkat namun menggiurkan ini. Masih tidak percaya, Penulis terus bertanya tentang skenario-skenario yang ada pada benak Penulis, seperti apabila Penulis membeli upgrade paket, apakah paket masih dalam keadaan terkena diskon, dsb. Agen customer service tidak menjawab dengan jelas, namun setidaknya Penulis sudah merasa yakin bahwa promosi tersebut sebenarnya cukup menguntungkan pihak konsumen. Penulis berterima kasih atas tanggapan dan kesabaran customer service tersebut atas pertanyaan Penulis yang bertubi-tubi dan memutuskan untuk meninggalkan hosting yang lama ke hosting yang memiliki promosi ini (artikel terpisah akan diberikan nanti).
Kembali mengacu ke judul, Penulis kembali mengingatkan kepada para konsumen di luar sana untuk selalu waspada terhadap berbagai promosi yang diberikan oleh perusahaan. Penulis tidak menyalahkan pihak marketing yang menyusun promosi tersebut, karena itu adalah pekerjaan mereka dan Perusahaan juga perlu mencari keuntungan untuk memberi makan pegawai mereka. Namun sebagai konsumen, sudah selayaknya kita selalu waspada. Apalagi, jika promosi tersebut terdengar too good to be true, seperti yang Penulis ceritakan di atas.
Apabila Anda tidak mengerti beberapa aspek dari promosi tersebut, jangan malu bertanya pada customer service. Jangan sungkan, karena apabila Anda sungkan bertanya, maka lebih besar kemungkinan Anda dirugikan oleh promosi tersebut. Ingat, malu bertanya sesat di jalan. Customer service telah dilatih untuk bersabar menghadapi berbagai jenis pelanggan, jadi Anda tidak perlu khawatir Anda akan dicaci maki dan sebagainya (jika Anda sangat tidak beruntung dan dicaci maki, sudah selayaknya Anda melaporkan kejadian itu pada perusahaan terkait).

Gambaran umum seorang customer service agent adalah ramah, jadi jangan sungkan untuk bertanya kepada mereka.
Baiklah, sekian saja posting singkat dari Penulis tentang kewaspadaan konsumen terhadap berbagai promosi yang ditawarkan. Posting ini tidak bermaksud untuk menjelekkan perusahaan atau bidang ilmu tertentu. Posting ini hanya bertujuan untuk mengingatkan bahwa hendaknya kita menjadi konsumen yang cerdas. Seperti biasa, jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa meninggalkan komentar di bawah. Akhir kata, terima kasih telah berkunjung dan semoga hari Anda menyenangkan! 😀